JAKARTA, PENDIDIKANISLAM.DI – Bagi lulusan Madrasah Aliyah/sederajat yang berminat masih terus berada di pesantren, kini Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta membuka pendaftaran masuk ke Pesantren UII dengan sistem beasiswa. Nantinya seleksi masuknya akan dibuka 2 gelombang; 21 April dan 6 Juni 2016.

Muhammad Hasyim
Muhammad Hasyim

“Yang paling penting dari seleksi penerimaan beasiswa ini adalah bisa bahasa arab dan Inggris dikarenakan nantinya ketika nyantri materi dan bahasa pengantarnya dengan kedua bahasa tersebut. Lulusan sekolah umum yang belum pernah mesantren pun bisa mendaftar asal arab­-nya mumpuni,” kata Moh. Hasyim, salah satu Asatidz dan pengajar di FH UII yang pernah menjadi pengasuh periode 2002 – 2004 ini.

Rekrutmen Program Beasiswa Unggulan Pondok Pesantren UII (PBUPP UII) ini, ada dua (2) Model yaitu pertama, diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru yang terintregasi dengan seleksi Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) UII. Dan kedua, diperuntukkan bagi mahasiswa UII yang telah menempuh perkuliahan 2 (dua) semester pertama.

Sedangkan pemberian beasiswa ada dua (2) tipe yaitu pertama, Beasiswa Penuh (Tipe A). Tipe A ini diperuntukkan pada program studi Strata Satu (S1) di semua fakultas UII. Tipe kedua, Beasiswa Tidak Penuh (Tipe B). Tipe ini hanya dikhususkan untuk  Program Studi Pendidikan Dokter.

“Beasiswa Penuh ini meliputi pembebasan semua biaya studi di kampus UII maupun pembebasan biaya di pesantren. Sedangkan Beasiswa Tidak Penuh (untuk Fak. Kedokteran) hanya free di pesantren namun bisa mendapat kesempatan memperoleh beasiswa internal UII dan eksternal lainnya,” kata alumnus Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta ini.

Berikut disampaikan Persyaratan Umum, Persyaratan Khusus, , Prosedur Pendaftaran, Tempat Dan Jadwal Seleksi;

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here