M Nur Kholis Setiawan

Jakarta, PENDIDIKANISLAM.ID – Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Madrasah akan memberikan Beasiswa Biaya Hidup kepada lulusan Madrasah Aliyah (MA) untuk melanjutkan studi S1-nya di sejumlah universitas terakreditasi di luar negeri, baik Asia, Amerika, Eropa, dan Timur Tengah. Program ini diharapkan akan dapat memperluas akses sekaligus meningkatkan mutu dan daya saing lulusan pendidikan madrasah.

“Beasiswa yang diberikan ini hanyalah beasiswa biaya hidup dengan standar negara yang dituju, meliputi biaya transportasi pulang-pergi (negara asal-perguruan tinggi tujuan), asuransi kesehatan, visa, dan biaya hidup,” jelas Direktur Pendidikan Madrasah Kemenag RI M Nur Kholis Setiawan, Senin (28/3) seperti diberitakan laman kemenag.go.id.

Menurut Nur Kholis, program Beasiswa Biaya Hidup ini rencananya akan mulai disosialisasikan dan dipublikasi pada 1-30 April 2016 melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama di setiap provinsi. Selain itu, juga akan diumumkan melalui laman http://www.pendis.kemenag.go.id atau http://madrasah.kemenag.go.id.

Pendaftaran Beasiswa Biaya Hidup ini akan dilakukan secara online pada 1-15 Mei 2016. Sedangkan penyerahan berkas/dokumen asli dan verifikasinya dilakukan pada pertengahan bulan Mei 2016. Wawancara akan dilakukan di akhir Mei. Bagi mereka yang terpilih akan diberangkatkan pada bulan September 2016.

“Kami akan segera melakukan sosialisasi, mengingat persyaratan-persyaratan baik yang umum maupun yang khusus harus dipenuhi oleh peserta tidaklah mudah,” kata Nur Kholis yang juga lulusan madrasah dan pernah studi di Belanda dan Jerman.

“Persyaratan itu antara lain, memiliki Letter of Acceptance (LoA) baik yang Unconditional maupun Conditional, serta memiliki surat jaminan beasiswa tuition fee (bebas SPP) dari pihak peguruan tinggi,” tambahnya. (Red: Fathoni Ahmad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here