Annisa Cikal Fathaniah Lestaluhu
Annisa Cikal Fathaniah Lestaluhu

JAKARTA, PENDIDIKANISLAM.ID – Febi Utami Wulandari Muchtar dan Annisa Cikal Fathaniah Lestaluhu, siswi kelas 9 MTs Alkhairaat Ambon menyabet Medali Perunggu dalam perlombaan Bangkok International Intellectual Property Invention (BIIPI), Innovation and Technology Exposition (IPITEX) on the Occassion of Thailand Inventors Day 2016 (06/02/2016).

Febi Utami Wulandari Muchtar, membuat Minuman kesehatan yang terbuat dari daun tanaman Kumis Kucing dan beberapa ingridien lainnya seperti daun pepaya dan cinnamone (kayu manis). Ia menamai temuannya dengan “Healty Herbal Tea”.

“Rasa teh herbal seperti air biasa namun aroma herbalnya cukup kuat. Ketika ingridien-ingridien tersebut diblender, rasa pahitnya–dari daun-daun tersebut–akan hilang. Teh ini lebih baik disajikan tanpa gula dengan air hangat. Teh ini berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, ujar anak pasangan Muchtar Palele dan Maryam Wabula ini.

Pantas kemudian Febi dianugerahi Bronze Medal dan mendapat Special Award dan Gold Medal dari China Association of Productivity Promotion Centre dan Leading Innovation Award dan Gold Medal dari International Intellectioan property Network Forum (IIPNF).

Sementara itu, Annisa Fathaniah Cikal Lestaluhu, menemukan krim untuk kulit manusia yang terbuat dari daun Guava yang tidak mengandung bahan kimia dan berbau harum alami yang diberi nama “Guava Natural Skin Cream”.

“Daun jambu biji merah ini diblender dan kemudian dicampur dengan madu biar berbau harum dan bahan lainnya. Krim ini bermanfaat untuk menjaga keputihan, dan iritasi kulit karena polusi,” cetus anak dari Said Lestaluhu dan Yetty Salvia Tehupalasury ini yang juga diberi penghargaan Bronze Medal ini.

Sebagaimana diketahui, Event ini diselenggarakan oleh National Research Council of Thailand pada 2 – 6 Februari 2016 di Bangkok International Trade & Exhibition Centre (BITEK), Thailand dengan melibatkan 300-an peserta dari 17 negara; Eropa, Amerika, Timur Tengah dan Asia.

Indonesia mengirimkan 14 peserta dari Universitas Negeri Jakarta, SMA Stella Tunas Muda Jakarta, SMA Surya Buana Malang dan MTs Alkhiraat Ambon sendiri serta mempresentasikan 18 invention (temuan). (viva)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here