Rusun Darul Ulum
Rusun Darul Ulum
Rusun Darul Ulum
Rusun Darul Ulum

JAKARTA, PENDIDIKANISLAM.ID – Dengan 7,6 Milyar dari Kementerian PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat), akhirnya Pondok Pesantren Darul Ulum, Kepuhdoko, Jombang, Jawa Timur memiliki “komplek mewah”-kamar santri ala rusun (rumah susun).

“Rusun 3 lantai, luas 1.520 m2 tersebut dibangun dari APBN Kementerian PUPR 2015, dibangun sejak 26 Juni sampai 31 Desember 2015. Terdiri atas 6 barak besar dan 6 barak kecil, rusun tersebut dan akan diisi 348 santri. Barak besar dihuni 32 santri, barak kecil 20.” terang Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Sabtu (20/2/2016).

Fasilitas yang ada di rusun tersebut, lanjut alumnus Teknik Geologi UGM ini, adalah tempat tidur bertingkat, lemari pakaian untuk setiap unitnya, kipas angin, MCK (Mandi Cuci Kakus) di ujung kanan dan kiri setiap lantai. Kamar mandinya pun dengan sistem shower.

“Pemberian fasilitas ini dimaksudkan agar santri melaksanakan kegiatan belajar dengan tenang dan nyaman, karena santri menjadi bagian dari tumpuan masa depan bangsa ini,” kata peraih Magister di Colorado State University USA.

rusun jombang_4Pembangunan rusun ini, jelas mantan tim penanggulangan lumpur Lapindo,  adalah bentuk keseriusan pemerintah dalam membantu masyarakat.

“Semoga bisa menjadi kontribusi bagi santri untuk mencari ilmu sebanyak mungkin. Karena santri itu harus pintar. Tetapi pintar saja tidak cukup, harus ditambah akhlakul karimah. Keberadaan kita harus bisa menjadi sangat bermanfaat bagi orang banyak,” kata Doktor Teknik Sipil, Colorado State University, Amerika Serikat.

rusun jombang_2Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum, KH. Mustain Hasan bersyukur atas dibangunnya gedung asrama ini karena memang yang menempati nantinya adalah santri dari golongan tidak mampu.

“Rata rata santri yang me-santren di sini masyarakat ekonomi lemah, Darul Ulum tidak bisa minta bantuan kepada wali muridnya. Selain dari pemerintah, bantuan juga datang dari masyarakat,” jelas Mustain. (viva-berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here