KH Dahlan Bisri
KH Dahlan Bisri
KH Dahlan Bisri

SURABAYA, PENDIDIKANISLAM.ID – Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. KH Muhammad Dahlan Bisri menghembuskan nafas terakhir saat menjalankan tugas sebagai dosen di Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Kamis (3/3) kemarin.

Demikian dikutip dari nu.or.id. KH Muhammad Dahlan Bisri yang juga pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang ini wafat dalam keadaan yang istimewa, sedang mengajar atau berjuang fi sabilillah demi mendidik anak bangsa.

Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UINSA, H Sahid Mantri menjelaskan, Kiai Dahlan mengajar mata kuliah Metodologi Kajian Teks Arab. Saat kejadian, Kiai Dahlan akan mengajar di kelas Jurusan Hukum Keluarga. “Beliau masuk kelas sekitar pukul 09.30 WIB,” katanya.

Begitu masuk kelas, almarhum duduk di kursi depan. Ia menyapa mahasiswanya lalu mengucapkan salam. Kiai Dahlan lalu membaca basmalah untuk membuka materi mata kuliah yang akan disampaikan. “Setelah baca basmalah, kepala beliau tertunduk dalam kondisi duduk seperti tertidur,” tambahnya.

Antara percaya dan tidak, sejumlah mahasiswa terlihat gelisah ketika dosennya tidak melanjutkan mata kuliah yang diampunya. Karena itu, sebagian mereka memberitahukan kejadian ini ke dosen lain.

“Dosen kemudian membawa almarhum ke ruang dosen dan sempat diperiksa. Ternyata sudah meninggal dunia. Sekarang almarhum sudah berada di rumah duka di Pesantren Darul Ulum Peterongan, Jombang,” kata H Sahid.

Semoga semua amal ibadah beliau diterima oleh Allah SWT. Allahummaghfir lahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu. [Viva]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here