Santri Putri Daar El Qolam
Santri Putri Daar El Qolam

JAKARTA, PENDIDIKANISLAM.ID – Tiga santri putri PP. Daar El-Qolam Gintung Tangerang; Chairunnisa, Balqis, dan Kharisma berhasil ciptakan “Cage Cleaning Robot”. Hasil karya tim “Droid 2” tersebut berfungsi membersihkan kotoran hewan dengan kendali jarak jauh.

SANTRI PUTRI
3 Santri Putri Daar El_Qolam (tengah)

“Jadinya nggak perlu lagi berhadapan dengan bau kotoran yang menusuk hidung,” kata anggota tim, Chairunnisa sebagaimana dituturkan di kompas.com.

 

Cara kerja robot kreatif bertema lingkungan tersebut, lanjutnya, mirip mainan mobil yang dikendalikan remote control. Bedanya, Cage Cleaning Robot dikontrol dengan smartphone melalui aplikasi Android “NXT Simple Control.

“Kami cuma pasang bluetooth di robot lalu dihubungkan ke smartphone. Masih sederhana banget. Selanjutnya, robot bisa bergerak ke sana kemari dengan alat motor yang dirakit sendiri tanpa sensor sama sekali,” ” terang Chairunnisa.

Mengenai konsep robot bertema lingkungan tersebut, Balqis menyatakan bahwa tema lingkungan orientasinya pasti adalah sampah atau tanaman. Tim ini mencari hal beda, makanya menyasar sektor peternakan. Apalagi kotoran hewan bisa dimanfaatkan sebagai kompos. Terang Balqis terhadap proses pertukaran ide diantara anggota timnya.

Mengenai teknis cara kerjanya, menurut tim tyang lain, Kharisma, bagian atas terpatri alat pengontrolan NXT yang disematkan bluetooth beserta indikatornya. Lalu di bagian depan ada sebuah katup dengan mekanisme buka-tutup menyamping. Dalam posisi terbuka, katup siap mendorong kotoran yang jatuh di kandang. Kotoran kemudian dibawa hingga ke terpal penampungan yang dipasang pada tepi kandang.

Cage Cleaning Robot
Cage Cleaning Robot

“Nanti semua kotoran terkumpul di terpal dan pengguna cukup membuang atau mengolah kembali kotoran pada terpal menjadi pupuk yang bermanfaat,” kata Kharisma.

Sebagaimana diketahui, pada 20-26 Februari 2016 lalu, perusahaan Samsung terlibat dalam penyelenggaraan lomba robotik kreatif pada rangkaian “Thamrin Olympiad & Cup VI (TOC)” yang diselenggarakan di sekolah negeri sains berasrama di Jakarta, SMANU MH Thamrin.

“Kami bangga dan sangat antusias dengan inisiatif para siswa SMANU Thamrin membuat lomba inovasi robotik. Kami sebut inovasi karena karya-karya teknologi itu pasti berguna bagi manusia,” kata Coorporate Marketing Director Samsung Indonesia, Jo Semidang, TOC.

Tiga santri putri PP Daar El-Qolam yang menjadi juara pertama tersebut, lanjut Semidang, Samsung memberikan bantuan dana dan  2 produknya debagai hadiah; kacamata pintar Gear VR dan smartphone Galaxy S6. (@viva_tnu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here