H Ahmad Fauzi

Palembang, PENDIDIKANISLAM.ID – Guru merupakan kunci utama keberhasilan proses pembelajaran di sekolah. 5 hal mendasar yang harus dipahami guru dalam era globalisasi dunia pendidikan adalah pertama, kesiapan mental terhadap perubahan agar tidak terjebak dalam rutinitas dan formalitas. Kedua optimalisasi peran guru, dimana guru harus berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang PAKIS (Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam) Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan, H Ahmad Fauzi yang mewakili Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan saat membuka kegiatan Pengembangan Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum PAI tahun 2016 oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI.

“Ketiga, guru harus bisa mengelola sumber daya sesuai dengan kaidah pedagogik dan ilmiah. Keempat, guru wajib mengikuti dan disertakan dalam pengembangan profesi yang bersifat periodik dan kelima, guru harus bisa mencari solusi dan langkah strategis untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa,” tambah Ahmad Fauzi seperti diberitakan laman kemenag.go.id, Jumat (18/3/2016).

Ahmad Fauzi menyambut baik kegiatan produktif tersebut sebagai upaya pengembangan kompetensi guru PAI sekaligus berterima kasih atas terpilihnya Sumatera Selatan sebagai salah satu daerah sasaran kegiatan.

Terkait dengan kegiatan pengembangan guru PAI itu, Fauzi juga menekankan bahwa guru harus menjadi pengembang utama dalam kurikulum pendidikan yang senantiasa mengikuti perkembangan zaman. Kurikulum harus diarahkan guna memberdayakan 4 dimensi kemampuan peserta didik yakni kemampuan olah hati, olah pikir, olah rasa, dan olah raga.

Kegiatan ini dilaksanakan 16-18 Maret 2016 di Kota Palembang dan diikuti oleh 60 peserta guru PAI SD dari 17 kabupaten/kota di Sumatera Selatan.

(Red: Fathoni Ahmad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here