Lukman Hakim Saifuddin
Lukman Hakim Saifuddin
Lukman Hakim Saifuddin

Jakarta, pendidikanislam.id – Lebih dari 410 ribu siswa Madrasah Aliyah mengikuti Ujian Nasional (UN), Senin (4/4) hari ini. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berharap seluruh siswa berhasil menyelesaikan UN dengan baik, berbasis semangat kejujuran dalam meraih prestasi.

“Semoga keberhasilan menyertai adik-adik yang besok akan UN,” ujarnya seperti dikutip situs kemenag.go.id.

Disebutkan bahwa setidaknya ada enam tips yang perlu dipersiapkan peserta UN, yaitu: pelajari kisi-kisi SKL (standal kompetensi lulusan) UN 2016, banyak berlatih soal UN, pelajari teknik pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), jaga perasaan agar selalu tenang, hindari bentuk pelanggaran apapun, dan periksa ulang data diri dan jawaban.

Harapan yang sama disampaikan Direktur Pendidikan Madrasah  M. Nur Kholis Setiawan. Kepada para siswa MA yang akan menjalani UN, M. Nur Khalis mengingatkan bahwa prestasi adalah sesuatu yang penting karena menyangkut masa depan. Namun demikian, kejujuran adalah keharusan karena menyangkut kualitas pribadi.

“Kalian adalah generasi muda yang membanggakan. Untuk itu, selamat meraih prestasi yang dibarengi  dengan kejujuran,” katanya melalui pesan singkat, Ahad (3/4).

UN MA akan berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia selama tiga hari, 4 – 6 April. Mata pelajaran yang diujikan pada UN MA adalah: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Mata pelajaran sesuai jurusan.

Untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), mata pelajaran yang diujikan meliputi: Biologi, Fisika, dan Kimia. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS): Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi. Sedangkan untuk jurusan Bahasa dan Budaya, mata pelajaran yang di-UN kan adalah Sastra Indonesia/Bahasa dan Sastra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing (Bahasa Arab, Jepang, Jerman, Perancis, dan Mandarin).

“Untuk jurusan Keagamaan, mata pelajaran yang diujikan adalah Tafsir, Hadis, dan Fikih,” tutur M. Nur Kholis Setiawan. (Red, Anam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here