Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin didampingi Direktur Pendidikan Madrasah Nur Kholis Setiawan (berdasi), Kakanwil Kemenag Provinsi Banten (tiga dari kiri), dan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany (berjilbab pink) sedang meninjau pelaksanaan UN di MAN IC Serpong, Senin (4/4).

Tangerang Selatan, PendidikanIslam.id — Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah (MA) di seluruh Indonesia mulai Senin (4/4) ini hingga dua hari ke depan mulai mengikuti Ujian Nasional (UN). Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berbagi tips sukses mengerjakan soal-soal UN.

Menurut Menteri Lukman seperti dilansir portal resmi Kementerian Agama www.kemenag.go.id, kecermatan dan ketelitian merupakan syarat mutlak mendapatkan hasil yang maksimal dalam UN. Selain itu, Menag juga meminta agar para siswa tidak lupa berdoa.

Tips ini disampaikan Menag saat meninjau pelaksanaan UN Berbasis Komputer (UNBK) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong, Tangsel, Senin (04/04). Sebelumnya, Menag memantau  pelaksanaan UNBK di MAN 13 Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Menag didampingi para pejabat teras Kemenag, antara lain Dirjen Pendis Kamaruddin Amin, Direktur Pendidikan Madrasah Nur Kholis Setiawan, dan Kepala Pusat Informasi dan Humas Kapinmas Rudi Subiyantoro. Hadir juga Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, dan Kakanwil Kemenag Banten M Agus Salim. Kehadiran Menag disambut langsung oleh Kepala MAN IC Serpong Persahini Sidik beserta para tenaga pendidik MAN IC Serpong.

Dalam kesempatan itu, Menag juga berharap seluruh siswa MA yang dimudahkan dan diberi kekuatan dalam menjalani UN dan  menghadapi tantangan. “Sesulit apapun soal yang dihadapi akan bisa menjawab soal itu. Karena yang kita minta adalah kekuatan untuk menghadapi ujian dan menjawab persoalan yang ada, lalu membaca Fatihah,” pesan Menag kepada para siswa MAN IC usai mengikuti ujian pada sesi pertama.

Tak lupa, Menag Lukman juga mengucapkan terima kasih kepada para pendidik atas dedikasi yang mereka berikan dalam berbagi ilmu dengan para peserta didik. “Mendidik adalah bagian dari proses membangun peradaban siswa,” kata Menag.

Kepala MAN IC Serpong Persahini Sidik melaporkan, siswa MAN IC Serpong yang mengikuti UNBK berjumlah 114 Siswa, terdiri 84 siswa Jurusan IPA dan 30 siswa Jurusan IPS. Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten Agus Salim mengatakan selama ini, lulusan MAN IC Serpong banyak diterima di berbagai perguruan tinggi favorit, seperti IPB, UGM, bahkan beberapa universitas luar negeri semisal Jepang dan Jerman.

Sementara itu, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengingatkan, perjalanan semua siswa masih sangat panjang sehingga harus dipersiapkan dengan baik dan matang. “Selamat menempuh ujian semoga yang dihafal itulah yang keluar. Itu yang lebih penting,” canda Airin. (Red: Musthofa Asrori)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here