sufi berkudaKetika Sultan Abdul Malik bin Marwan berkunjung ke Basrah, ia dijemput oleh empat ulama “sepuh” dengan pakaian kebesaran masing-masing. Akan tetapi, empat orang ulama “sepuh” itu dipimpin oleh seorang remaja yang berpakaian dan berpenampilan sederhana. Pemuda itu bernama Iyas bin Muawiyah.

Karenaherannya, Sultan berkata, “Apakah di Bashrah sudah tidak ada lagi orang tua, sehingga saudara-saudara dipimpin oleh seorang remaja?”

Kemudian Sultan menoleh kepada Iyas bin Muawiyah dan bertanya, “Berapa umurmu, Nak?”

“Semoga Allah memanjangkan umur Tuan!” jawab Iyas dengan cekatan.

“Umur saya sekarang adalah sama dengan umur Usamah bin Zaid ketika diangkat oleh Rasulullah SAW menjadi panglima gabungan dua brigade, di mana di dalamnya terdapat Abu Bakar dan Umar bin Khattab!”

Sultan pun terkesima oleh jawaban Iyas, dan berkata, “Baiklah! Mari kemari! Semoga Allah memberikan berkah padamu Nak.”

Saat itu Iyas baru berumur tujuh belas tahun.Usamah bin Zaid yang dimaksud adalah putra dari Zaid bin Haritsah (anak angkat Rasulullah) dan Ummu Aiman (sahaya Nabi yang sangat disayanginya).

Usamah diangkatsebagai panglima oleh Rasulullah untuk memerangi pasukan Romawi pada tahun 11 H, di mana di dalam pasukan terdapat sahabat-sahabat utama, padahal usia Usamah baru 18 tahun. Dan hebatnya ia memenangkan pertempuran dengan gilang-gemilang, hingga ada yang mengatakan,“Belum pernah terjadi suatu pasukan bertempur kembali dari medan perang dengan selamat dan utuh serta berhasil membawa harta rampasan sebanyak yang dibawa pasukan Usamah bin Zaid”. [Fathuri]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here