[tps_title]Juara Internasional[/tps_title]

Juara Internasional

Pada akhir tahun 2014, MTsN 2 Pamulang mendapatkan penawaran untuk mengikuti lomba robotik tingkat internasional di Malaysia. Lomba robotik yang diselenggarakan bertajuk International Islamic School Robot Olympiad atau IISRO. Lomba diadakan Maktab Rendah Sain Mara (MRSM) di Johor Baharu (Sekolah unggulan setingkat SMA) Malaysia, tepatnya pada 24-26 Desember 2014.

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Institut Teknologi Surabaya dengan Maktab Rendah Sain Mara (MRSM) yakni sekolah unggulan di Johor Baru Malaysia. Lomba ini diikuti sekolah-sekolah dari  negara-negara Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia, Mesir, dan Malaysia.

Dalam kompetisi ini ada 9 kategori yang dilombakan yaitu : Transporter, Robot Theather, Low cost Robot, Mission Challenge, Line Tracer, Robot sumo, Robot Soccer, Robot Rescue, dan Aerial Robot. Menurut kententuan lomba bertaraf Internasional dikategorikan umur,  yaitu junior  usia sampai 12 tahun dan Senior Usia 13 atau lebih. Karena yang dikirim adalah kelas 8 yang usianya 13 tahun yang berarti harus melawan kakak yang duduk dibangku SMA/SMK. Karena bersifat open competition maka hampir semua kota-kota besar di Indonesia ikut berpartisipasi.

Hasil dari perlombaan ini sangat menggembirakan. Tim robotik MTsN Pamulang, Tangerang  Selatan menggondol sejumlah medali dan penghargaan. Dalam IISRO 2014 ini, tim MTsN Pamulang yang mengirimkan delapan (8) siswa, semuanya mendapatkan medali. Agel sendiri mendapatkan medali perak untuk kategori Line Tracer Robot tingkat internasional di Malaysia mengungkapkan kebahagiaannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here