Pelepasan Siswa Kelas IX MTs Miftahul Ulum Denpasar Bali
Pelepasan Siswa Kelas IX MTs Miftahul Ulum Denpasar Bali

Kampung Wanasari merupakan satu kampung di Denpasar dengan mayoritas warga beragama Islam. Kampung yang berada di Kecamatan Denpasar Utara ini secara umum aktivitas perekonomian masyarakatnya ditopang oleh kegiatan perdagangan. Sebagian besar penduduknya tergolong warga kurang mampu.

Ketidakmampuan ini lambat laun berdampak terhadap keberlangsungan masa depan pendidikan anak. Tak ayal, banyak anak usia sekolah tidak dapat melanjutkan pendidikannya lantaran terbentur biaya. Di sisi lain, kebutuhan akan pendidikan tingkat SMP/MTs sangat mendesak mengingat di Wanasari telah berdiri Madrasah Ibtidaiyah sejak 1970-an dan dua pondok pesantren.

Lomba Antar Kelas di MTs Miftahul Ulum Denpasar Bali
Lomba Antar Kelas di MTs Miftahul Ulum Denpasar Bali. Photo: MTs Miftahul Ulum Denpasar

Menurut keterangan Kepala MTs Miftahul Ulum (MU) Jarod Sudarmaji, M.Pd.I., pada 1999 masyarakat di daerah itu masih sulit mencari sekolah muslim. Meski sudah ada MI untuk tingkat dasar, namun masih belum ditemukan Madrasah Tsanawiyah. “Jadi, anak-anak sekolahnya keluar Bali, seperti ke Asembagus, Situbondo. Dan beberapa pesantren di Jawa Timur,” katanya.

Akhirnya, lanjut Jarod, para tokoh masyarakat sini bersepakat untuk mendirikan Madrasah Tsanawiyah. Tepatnya pada 16 Januari 1999 para tokoh masyarakat Wanasari merumuskan langkah merapatkan barisan untuk mencari solusi bagi kelanjutan pendidikan anak-anak yang tidak sekolah, yakni dengan mendirikan MTs Miftahul Ulum di bawah naungan Yayasan Miftahul Ulum yang beralamat di Jl A Yani 35 B Wanasari, Denpasar. Yayasan ini dipimpin H Mohammad Hasan Ishaq, SH.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here