Pesantren Almanar Azhari
Pesantren Almanar Azhari

Logo_AAZIBSPesantren Almanar Azhari agaknya memang berbeda dengan pesantren pada umumnya. Selain hendak menguasai teknologi, pesantren yang beralamat di Jalan Raya Limo Pelita No 10 Depok, Jawa Barat ini ingin merajai dunia maya.

Para guru dan santrinya pun memiliki blog yang diisi aneka konten keislaman. Tak berlebihan jika Almanar Azhari ini dijuluki pesantren “blogger.” Pasalnya, para santri aktif sekali di dunia blog. Mereka menayangkan berbagai berita dan tulisan keislaman yang ramah.

Pimpinan Pesantren Almanar Azhari Islamic Boarding School, Nurcholis Suhaimi menuturkan, di pesantren yang dipimpinnya itu setiap santri dan guru diwajibkan memiliki blog. “Makanya, setiap siswa harus memiliki laptop dan semua lokasi pesantren merupakan area free hot spot,” tutur alumnus Pesantren Modern Ar-Rasyid Jawa Timur ini.

Nurcholis mengakui, awalnya kebijakan tersebut ditentang sejumlah wali santri. Para orangtua khawatir, anak mereka nantinya keranjingan internet justru untuk hal-hal yang tidak baik. “Kami tegaskan, pesantren akan mencetak santri yang ahli membuat virus dan membobol password, tapi mempunyai moralitas tinggi,” tandasnya.

Hal itu sejalan dengan visi besar Pesantren Almanar Azhari: menjadikan lembaga pendidikan yang dapat menciptakan siswa-siswi yang memiliki kualitas intelektual tinggi serta mempunyai moral, akhlak, dan budi pekerti yang luhur.

Nurcholis tidak bisa membayangkan bagaimana seandainya yang menguasai dunia maya justru berasal dari orang yang tidak bertanggung jawab. Pesantren berkomitmen menghiasi internet dengan ayat-ayat Al-Quran dan wacana keislaman.

Oleh karena itu, setiap usai Maghrib dan Subuh, para siswa menghafal Al-Quran. “Ba’da Subuh, mereka setoran hafalan. Sedangkan ba’da Maghrib tambah hafalan. Satu hari setiap siswa harus hafal setengah halaman,” tutur alumnus Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here