Beasiswa

Mahasiswi Asing di Institut KH Abdul Chalim
Mahasiswi Institut KH Abdul Chalim dari mancanegara

Dikutip dari catatan Fadli Utsman dalam Majalah Amanatul Ummah (Edisi November 2015), para mahasiswa asing tertarik dengan gagasan besar serta beasiswa yang ditawarkan oleh Institut KH Abdul Chalim. Dengan bantuan jaringan NU di luar negeri terutama H. Masruhin dari Malaysia, belasan mahasiswa asing itu tertarik mengikuti kuliah dengan jalur beasiswa. Rencananya, mereka menyelesaikan pendidikan hingga lulus sarjana.

Gulim Konysbekova (16) dari Kazakhstan mengatakan, informasi keberadaan Institut KH Abdul Chalim ia peroleh dari bibinya yang tinggal di Malaysia. Sang bibi memberitahu orang tuanya bahwa ada kampus Islam di Indonesia yang menawarkan beasiswa. Gulim pun setuju tawaran beasiswa itu.

Dari Afghanistan ada Fari Q Kukar. Ayahnya, Dr. Fazil Ghani, pakar hukum Islam sekaligus pemimpin organisasi Nahdlatul Ulama Afghanistan, sebuah organisasi yang mempunyai hubungan erat dengan Nahdlatul Ulama yang ada di republik ini.

Selain beasiswa, para mahasiswa asing ini juga temotivasi belajar dan menimba pengalaman dari Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.  Ahmat Nurullah dari Vietnam mengatakan, penduduk muslim di negara kelahirannya sangat sedikit dan tidak banyak menempuh pendidikan tinggi.

Dari dalam negeri, Taslim Tupong dari Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak pernah menyangka bisa meneruskan pendidikan tinggi, apalagi sampai ke tempat yang jauh di pulau Jawa. Kondisi ekonomi keluarganya jelas tidak memungkinkan. Namun ia bahagia saat dihubungi gurunya yang juga pengurus NU di NTT bahwa ada tawaran beasiswa kuliah di Jawa. “Saya sampaikan kepada bapak saya, beliau langsung menangis kemudian memeluk saya,” kenangnya.

Kampus ini bervisi menjadi Institut Agama Islam terkemuka dalam menciptakan sumber daya manusia berwawasan dan berkemampuan global berlandaskan nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal Jama’ah, unggul, utuh, dan berjiwa mandiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here