Tim KIR MAN 3 Malang
Tim KIR MAN 3 Malang

PENDIDIKAN ISLAM – Sekolah bergengsi Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang selalu mendapat pujian atas prestasi akademik maupun non akademik dari tingkat nasional maupun internasional. Hal tersebut pantas didapat melihat alumninya yang bermunculan menjadi manusia unggul di bidangnya. Piala yang sudah memenuhi ruang guru dan kepala sekolah tidak bisa dihitung dengan jari.

MAN 3 Malang

Meski demikian, Kepala MAN 3 Dra Hj Binti Maqsudah MPd mengaku hal itu tidak akan terwujud tanpa program bagus yang mendukung: Ma’had Al-Qalam. Ya, madrasah nomor wahid di Malang ini memiliki program unggulan, Ma’had Al-Qalam, yang membidik siswanya untuk mempelajari Islam secara mendalam sekaligus mempraktikkannya dalam aktivitas sehari-hari.

Saat ditanya kenapa harus ada Ma’had, Binti memberikan ilustrasi bahwa jika di sekolah anak-anak belajar teori untuk semua mata pelajaran, maka di ma’had mereka akan diajari agama sebagai kontrol perilaku, memiliki akhlaqul Karimah, dan berbagi dengan sesama. “Karena semua ilmu tidak akan ada nilainya tanpa diimbangi dengan tindak-tanduk yang baik,” ungkap Binti.

Ma'had Al-Qalam MAN 3 Malang
Penampilan siswi MAN 3 Malang dalam sebuah kegiatan

Awal berdirinya Ma’had MAN 3 Malang adalah berbentuk asrama, dan itu diperuntukkan bagi siswa dari luar kota yang tidak memiliki tempat singgah. Seiring berjalannya waktu, asrama yang dikelola dengan sistem pesantren ini memunculkan siswa-siswa berprestasi dibanding dengan siswa yang tidak tinggal di asrama. Karenanya, asrama diputuskan bermetamorfosis menjadi ma’had dengan mengadopsi nilai-nilai pesantren untuk menggodok para siswa MAN 3.

Ma’had Al-Qalam berdampingan langsung dengan sekolah MAN 3 tersebut di jalan Bandung nomor 7 Malang. Ma’had ini menjadi rujukan madrasah-madrasah lainnya baik dalam maupun luar kota yang ingin memiliki program yang sama karena melihat kolaborasi yang apik antara MAN 3 dan Ma’had Al-Qalam dalam mendidik siswa.

Tidak hanya sains yang siswa kuasai, namun dalam Bahasa Arab, kesadaran akan sholat jam’ah para siswa, hingga sholat tahajud tanpa pemaksaan sudah berjalan dengan sendirinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here