Sudah Uzur

Rumah Hj. Nibras OR Salim berada di kawasan Cikini Jakarta Pusat, tidak jauh dari Taman Ismail Marzuki (TIM). Ditemani dua muridnya yang juga guru dari Madrasah Istiqlal Jakarta, Ibu Nita dan Pak Kasmudi, kami bergegas menuju rumah lama itu, 21 September 2015. Rumah itu cukup sepi. Hj. Nibras waktu itu ditemani oleh istri dari keponakannya.

Memasuki usia ke-85, Hj. Nibras hanya bisa terbaring lemah di tempat tidur. Beberapa tetangganya bahkan mengira kalau salah seorang pejuang pendidikan Islam ini sudah tiada. Jangankan berkomunikasi, untuk makan minum dan segala sesuatunya ia harus dibantu oleh orang lain. Ini sudah berlangsung sekitar tiga tahun lamanya. Tepat di depan pintu kamarnya terdapat panduan kepada yang merawatnya mengenai cara memberikan makan dan minum untuk Hj. Nibras, sampai cara melatih pernafasan.

Di usianya yang sudah uzur itu, Hj. Nibras menyimpan banyak kisah mengenai pengabdiannya di bidang pendidikan Islam, konsep dan terobosan-terobosan baru yang telah ia lakukan, serta banyak keteladanan hidup yang ia tunjukkan di hadapan orang sekitar.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here