Penghargaan Masyarakat dan Dunia

Puncak dari kiprahnya dalah hal pelestarian lingkungan, TGH Hasanain Juaini memperoleh penghargaan Ramon Magsaysay pada tahun 2011. Selain karena peduli lingkungan, penghargaan diberikan kepadanya terkait kiprahya dalam hal penghormatannya terhadap kaum perempuan, serta membangun kerukunan beragama.

Penghargaan Ramon Magsaysay sendiri sering disebut sebagai Nobel versi Asia ini. Pernghargaan itu diserahkan di Kota Manila, Filipina, Rabu 31 Agustus 2011. Dengan pemperoleh Ramon Magsaysay berarri TGH Juaini sejajar dengan tokoh dunia lainnya yang memperoleh penghargaan serupa.

Ramon Magsaysay Award adalah suatu hadiah penghargaan yang dibentuk pada bulan April 1957, oleh para wali amanat Rockefeller Brothers Fund (RBF) yang berpusat di Kota New York, Amerika Serikat. Dengan persetujuan dari pemerintah Filipina, hadiah ini diciptakan untuk mengenang Ramon Magsaysay, almarhum Presiden Filipina; dan untuk menyebar-luaskan keteladanan integritasnya dalam menjalankan pemerintahan, kegigihannya dalam memberikan pelayanan umum, serta idealisme pragmatisnya dalam suatu lingkungan masyarakat yang demokratis.

Setiap tahun Ramon Magsaysay Award Foundation memberikan hadiah bagi perorangan dan organisasi Asia atas pencapaian unggul mereka di bidangnya masing-masing. Dan TGH Juaini menjadi salah seorang yang telah mendapatkan pengehargaan level dunia ini.

Selain penghargaan internasional, TGH Juaini juga telah mendapatkanpengakuan dan penghargaan di tingkat lokas dan nasional. Tahun 2004 ia memperoleh Penghargaan dari Bupati Lombok Barat sebagai Pengasuh Pesantren yang konsisten terhadap kegiatan konservasi hutan dan air. Ia juga memperoleh penghargaan serupa dari Ma’arif Institut yang berpusat di Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here