Ismail Betawi sedang menyendiri menyusun dan merumuskan rencana strategis
Ismail Betawi sedang menyendiri menyusun dan merumuskan rencana strategis

Peningkatan Mutu

Tahap berikutnya, MAN Kedang berorientasi untuk meraih banyak prestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik.

Langkah yang dilakukan oleh Ismail sebagai kepala madrasah adalah mengidentifikasi Kompetensi siswa dimulai dari tempat dimana anak itu beraktifitas, sekolah atau madrasah yang pernah dia belajar termasuk informasi-informasi lain seputar kehidupanpribadinya.

Selanjutnya, ia membuat peta mutu untuk peserta didik baru berdasarkan hasil ujian masuk madrasah dan referensi tambahan yang diserahkan tim identifikasi kompetensi siswa. Ia juga mengelompokkan siswa berdasarkan hasil uji kompetensi dalam kegiatan pembelajaran maupun kegiatan bimbingan peningkatan mutu siswa

Untuk para guru, ia membagi guru dalam tiga zona yakni zona penanganan siswa prestasi tinggi,sedang dan rendah. Para guru dibantu oleh siswa senior dalam kegiatan bimbingan penguatan kompetensi.

Ujian pencapaian kompetensi bagi semua siswa secara terprogram dan melaporkan hasilnya kepada orang tua siswa secara berkala. Perbaikan dan penguatan kompetensi juga dilakukan secara terprogram dan berkala dan hasilnya dilaporkan kepada orang tua wali.

Pihak sekolah juga selalu mengaupdate informasi perubahan pendidikan kepada para guru dan siswa melalui diskusi-diskusi kelompok yang telah didesain untuk itu, kemudian hasilnya disebarkan kepada peserta didik lain

Setiap 3 bulan para siswa dibawa keluar lingkungan madrasah untuk mengikuti kegiatan diskusi atau kajian-kajian kitab yang dilakukan oleh kelompok pengajian yang ada dilingkungan masyarakat Kedang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here