Seleksi Calon Juara

Hampir semua peserta didik baru yang diterima dari MAN Kedang  berasal dari MTs atau SMP yang tidak memilki keunggulan kompetitif sehingga pola seleksi awal masuk tidak dapat dijadikan rujukan. Untuk menyeleksi para calon juara yang akan mengharumkan nama juara, Ismail memilki cara tersendiri untuk mengatasi kekurangan dalam pola seleksi awal itu. Berikut ini cara yang ditempuhnya:

  1. Para siswa dikenalkan dengan siswa kelas diatasnya yang mempunyai prestasi.
  2. Secara berkala madrasah menampung masukan dari siswa senior, kemudian semua masukan dari siswa senior diolah oleh tim penjaminan mutu yang ada dimadrasah untukdijadikan titik bidik pembinaan secara berkala dimulai dari kelas X kemudian dilanjutkan dikelas XI.
  3. Tahap ketiga adalah uji kemampuan berdasarkan SKL yang telah disepakati bersama secara terprogram dan berkelanjutan setiap bulan sekali.
  4. Peserta bimbingan pada kelompoktertentu yang tidak berhasil dirotasikan pada kelompok siswa dan guru lain untuk dilakukan pembinaan ulang pada SKL yang sama selanjutnya dilakukan pengujian ulang.
  5. Para siswa bimbingan pada bulan ketiga ditugaskan untuk membuat soal berdasarkan SKL yang ada kemudian dilakukan pengujian bersilang antar siswa yang didampingi oleh guru pembimbing. Hasilnya diperiksa dan dianalisa oleh siswa masing-asing berdasarkan kunci yang telah dibuat oleh siswa itu sendiri, kemudian dicocokkan kuncinya pada siswa pembuat soal didampingi oleh guru pembimbing
  6. Kumpulan soal yang dibuat guru dan siswa pada bulan ke empat dianalisis dan dibuat perengkingan. MAN Kedang menetapkan setiap mata pelajaran yang dilombakan dipersiapkan masing-masing 10 peserta dengan sistem satu siswa boleh memilih 3 mata pelajaran lain yang juga merupkan mata pelajaran yang sering dilombakan.
  7. Seleksi finis apabila terdapat 2 atau 3 mata pelajaran yang dikuasai oleh seorang anak maka keputusan pengambilan mata pelajaran lomba baik KSM/OSN maupun Sains dikembalikan kepada siswa itu sendiri,sedangkan yang tersisa dilakukan penyaringan ulang oleh TIM Penjaminan mutu utuk mendapatkan  hasil yang sifatnya final.
  8. Langkah terakhir setiap siswa yang telah ditetapkan untuk membidangi mata pelajaran yang dilombakan disertakan dalam momen lomba yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Nusa Cendana Kupang. [A. Khoirul Anam]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here