Majalah-Pendis-Edisi-5
Majalah-Pendis-Edisi-5

Published by: Pendidikan Islam

JAKARTA, PENDIDIKANISLAM.ID – Majalah Pendidikan Islam (PENDIS) yang dikelola dan diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI edisi terbaru, edisi 5 tahun 2015 telah terbit. Edisi kali ini, Majalah PENDIS membahas tema pokok secara detail tentang skema pendanaan pendidikan di lingkungan pendidikan Islam yang selama ini mengalami ketimpangan dibanding pendidikan umum dari jumlah total anggaran 20 persen yang dikucurkan APBN untuk pendidikan Indonesia.

Majalah-Pendis-Edisi-5
Majalah-Pendis-Edisi-5

Dalam pengantarnya, Pemimpin Redaksi Majalah PENDIS, M Ishom Yusqi megatakan, pendidikan di Indonesia mengalami dikotomi anggaran antara pendidikan Islam di lingkungan Kementerian Agama dan pendidikan umum di lingkungan Kemdikbud. Hal ini, menurutnya, tidak sesuai dengan perkembangan pendidikan Islam yang berkembang pesat dan membutuhkan skema anggaran lebih untuk mengelolanya.

“Perkembangan pendidikan Islam tidak sepadan dengan perhatian negara, terutama soal penganggaran. Padahal sektor pendidikan di Indonesia sangat dimanjakan dengan porsi 20 persen APBN dan APBD,” terang Ishom.

Ishom juga menjelaskan, besarnya dana pendidikan Islam yang ditransfer ke daerah tidak bisa digunakan untuk lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Agama dengan alasan otonomi daerah. “Secara bertahap, ketimpangan anggaran pendidikan ini harus segera di atasi,” tegasnya.

Selain membahas ketimpangan anggaran pendidikan, Majalah PENDIS juga mengulas laporan khusus tentang Hari Santri, apakah lengkah riil selanjutnya yang harus dilakukan setelah ditetapkannya hari santri pada 22 Oktober 2015 lalu terkait dengan pengembangan pendidikan Islam.

“Jangan sampai penetapan hari santri nasional tidak dibarengi dengan meningkatnya kualitas pendidikan Islam di madrasah dan pesantren,” jelas Redaktur Pelaksana Majalah PENDIS, Muhtadin AR di Jakarta.

Edisi 5 tahun 2015 ini, Majalah PENDIS terbit setebal 103 halaman dengan tampilan yang terus-menerus diperbarui. Selain topik utama dan laporan khusus di atas, majalah ini juga menyajikan informasi dan berita-berita terkini tentang dunia pendidikan Islam.

Diantara rubrik yang tersaji dalam majalah ini yaitu, salam redaksi, lapoaran khusus, jelajah, wawasan, inovasi pendidikan Islam, warta pendidikan Islam, wawancara, kolom, kajian pustaka, profil, jendela, telisik, serba-serbi pendidikan Islam, dan perlu tahu. (Fathoni Ahmad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here